Wanita Yang Masuk Neraka Karena Seekor Kucing

Hati yang keras dan tabiat yang buruk bisa menjerumuskan pemiliknya ke dalam Neraka. Hal itu karena ia kosong dari kasih sayang yang membuatnya tidak peduli terhadap apa yang dia lakukan kepada orang lain, maka ia membunuh, memukul dan merusak.

Dengan itu, mereka mencelakakan diri mereka disebabkan oleh apa yang mereka lakukan kepada orang lain. Di antara mereka ada seorang wanita yang diceritakan oleh Rasululloh ShallAllohu ‘alaihi wa Sallam. Dia mengurung seekor kucing sampai ia mati kelaparan dan kehausan. Karena perbuatan itu dia pun masuk Neraka.

NASH HADITS
Bukhari meriwayatkan dari Ibnu Umar dari Nabi ShallAllohu ‘alaihi wa Sallam bersabda, yang artinya: “Seorang wanita masuk Neraka karena seekor kucing yang diikatnya. Dia tidak memberinya makan dan tidak membiarkannya makan serangga bumi.”

Dalam riwayat Bukhari, “Seorang wanita disiksa karena seekor kucing yang dia kurung sampai mati. Dia masuk Neraka karenanya. Dia tidak memberinya makan dan minum sewaktu. Mengurungnya. Dia tidak pula membiarkannya dia makan serangga bumi.”

Rasululloh ShallAllohu ‘alaihi wa Sallam telah melihat wanita yang mengikat kucing ini berada di Neraka manakala beliau melihat Surga dan Neraka pada shalat gerhana. Dalam Shahih Bukhari dari Asma binti Abu Bakar bahwa Rasululloh ShallAllohu ‘alaihi wa Sallam bersabda, yang artinya: “Lalu Neraka mendekat kepadaku sehingga aku berkata, ‘Ya Rabbi, aku bersama mereka?’ Aku melihat seorang wanita. Aku menyangka wanita itu diserang oleh seekor kucing. Aku bertanya, ‘Bagaimana ceritanya?’ Mereka berkata, ‘Dia menahannya sampai mati kelaparan. Dia tidak memberinya makan dan tidak pula membiarkannya mencari makan.” Nafi’ berkata, “Menurutku dia berkata, ‘Mencari makan dari serangga bumi.”

Muslim meriwayatkan dari Jabir hadits Rasululloh ShallAllohu ‘alaihi wa Sallam yang melihat seorang wanita yang mengikat kucing berada di Neraka. Di dalamnya terdapat keterangan bahwa wanita itu berasal dari Bani Israil. Dalam riwayat lain disebutkan bahwa wanita itu berasal dari Himyar.

TAKHRIJ HADITS
Hadits tentang kucing dalam Shahih Bukhari dalam Kitab Bad’il Khalqi, bab”Jika lalat jatuh ke dalam bejana salah seorang dari kalian” (VI/356), no. 3318. Dan dalam Kitab Ahaditsil Anbiya’, no. 3482. Dan dalam Kitabul Musaqah, bab keutamaan memberi minum, 5/41, no. 2365.

Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahih-nya dari Abu Hurairah dan Abdullah bin Umar dalam Kitabus Salam, bab ”Diharamkannya membunuh kucing” (4/1760, no. 2242-2243).

Hadits tentang Rasululloh ShallAllohu ‘alaihi wa Sallam melihat seorang wanita yang mengikat kucing diriwayatkan oleh Bukhari dalam Shahih-nya dalam Kitabul Adzan dan Asma’ binti Abu Bakar (2/231, no. 745) dan Kitabul Musaqah Abdullah, keutamaan memberi minum air (5/41) no. 2364.

Adapun riwayat Muslim tentang Rasululloh ShallAllohu ‘alaihi wa Sallam melihat wanita yang menyiksa kucing terdapat dalam Kitabul Kusuf, bab apa yang diperlihatkan kepada Rasululloh dalam shalat Kusuf, 2/622, no. 904.

PENJELASAN HADITS
Ini adalah kisah wanita Himyariyah Israiliyah yang mengurung seekor kucing, tetapi dia tidak memberinya makan dan minum hingga kucing itu mati karena kelaparan dan kehausan. Ini menunjukkan kerasnya tabiat wanita itu, betapa buruk akhlaknya, serta tiadanya belas kasih di hatinya. Dia sengaja menyakiti. Jika di hatinya terdapat belas kasih, niscaya dia melepaskan kucing itu. Dan sepertinya dia mengurungnya sepanjang siang dan malam. Ia merasakan haus dan lapar dengan suara yang memelas meminta bantuan dan pertolongan. Suara dengan ciri tersendiri yang dikenal oleh orang-orang yang mengenal suara. Akan tetapi, hati wanita ini telah membatu dan tidak terketuk oleh suara pilu kucing itu. Dia tidak menghiraukan harapan dan impiannya. Suara itu melemah, lalu seterusnya menghilang. Kucing itu mati. Ia mengadu kepada Tuhannya tentang kezhaliman manusia yang hatinya keras dan membatu.

Jika wanita ini ingin agar kucing ini tetap di rumahnya, dia mungkin saja memberinya makan dan minum yang bisa menjaga hidupnya. Rasululloh ShallAllohu ‘alaihi wa Sallam telah menyampaikan kepada kita bahwa kita meraih pahala dengan berbuat baik kepada binatang. Jika dia enggan memberinya makan yang menjaganya dari hidup, maka dia harus melepasnya dan membiarkannya bebas di bumi Alloh yang luas. Ia pasti mendapatkan makanan yang bisa menjaga hidupnya. Lebih-lebih, Alloh telah menyediakan rizki bagi kucing tersebut dari sisa-sisa makanan orang, begitu pula serangga-serangga yang ditangkapnya.

Perbuatan ini telah mencelakakan wanita tersebut, sehingga dia masuk Neraka. Rasululloh ShallAllohu ‘alaihi wa Sallam melihat kucing itu memburu wanita yang menahannya di Neraka. Bekas-bekas cakaran tergores di wajah dan tubuhnya. Beliau melihat itu manakala Surga dan Neraka diperlihatkan kepadanya pada saat shalat gerhana.

PELAJARAN-PELAJARAN DAN FAEDAH-FAEDAH HADITS

  1. Besarnya dosa orang-orang yang menyiksa binatang dan menyakitinya dengan memukul dan membunuh. Wanita ini masuk Neraka karena dia menjadi sebab kematian seekor kucing.

  2. Boleh menahan binatang seperti kucing, burung, dan sebagainya, jika diberi makan dan minum. Jika tidak mampu atau tidak mau, maka hendaknya melepaskannya dan membiarkannya pergi di bumi Alloh yang luas untuk mencari rizkinya sendiri.

  3. Di Akhirat, manusia diadzab sesuai dengan perbuatannya di dunia. Wanita ini diserang oleh seekor kucing di Neraka dengan mencakari tubuhnya.

(Sumber: Shohih al-Qoshosh karya DR. Umar Sulaiman Abdullah al-Asyqor [Dosen Fakultas Syari’ah Universitas Yordania])

30 Responses

  1. TEGA BANGGGGGGGGGGGGGGETZZZZZZZZZZZZZZZZZZ

  2. Bagaimana hukumnya kalo membunuh seekor tikus yang mengganggu?

  3. minta ijin ngopas boleh ga?^^

  4. assalamualaikum……. jujur saya jd ngerasa bersalah saya ga begitu memahami btpa pnting,y menyayangi binatang,,, trim’s buat “admin, .tpi ditmbah lg ya hadis2 yang penting dalam khidupan sehari2………..

  5. kalow membunuh binatang yg mengganggu seperti,nyamuk,bangsat,tikus,de el el gmana??apa bedosa?

  6. tergugah juga untuk…lebih menyayangi lagi…

  7. Itu kisah sorang wanita kerna menginaya sekor kucing lantas masuk neraka.

    Abang ada dengar nggak..?? Kisah sorang pelacur hanya kerna beri air minuman pada sekor anjing yg kehausan, lantas keduanya masuk syurga..

  8. mamad gila……….

  9. ya allah ,,, subhanawllah allah maha besar tiada tuhan selain allah …

  10. assalamualaikum

  11. Kepada Kucing saja harus baik, terlebih lagi kepada Manusia.

  12. berkenaan dgn hadist tentang kucing tsb, sya ingin bercerita agar hati merasa plong. Mohon saran dan bagaimana hukumnya perbuatan saya itu?
    cerita nya bgni :

    cerita 1.
    “waktu kecil kira2 umur 5th an, saya menyukai binatang terutama kucing, dan suatu ketika sedang bermain2 dgn kucing saya di panggil ibu diajak pergi dan saking sayang nya saya ga ingin kucing tersebut pergi jauh2, maka saya tarolah di dalem kaleng tempat biskuit dan saya tutup. pas saya pulang kucing tsb ga gerak lagi, sya beritau ibu ttg hal itu dan dikatakan bahwa kucing nya tlh mati beliau berkata mhluk hidup perlu udara tuk bernafas, maka saya kuburkan di halaman rumah. Sungguh saya ga tau wktu itu dan ga bermaksud tuk membunuh mhluk ciptaan Allah SWT. Dan jk membaca hadist ttg kucing sllu membuat hati saya sedih teringat masa itu.

    cerita 2
    “Pada suatu hari saya diminta tuk mengantar ibu menjemput kponakan, dan disuatu jalan motor saya melindas seekor kucing hingga mati tanpa sempat tuk menghindar dan ibu bilang yah setelah sampai, saya diminta balik ke TKP tuk menguburkannya. maka saya turuti, setelah saya balik kucing tersebut dah ngga ada dijalan. Dan ada seorang pemulung yang menguburkan sesuatu di pinggir jln. Saya hampiri dan bertanya apa yg bpk kuburkan? dia menjawab seekor kucing yg mati ketabrak dijalan. Saya katakan sayalah yg menabrak kucing tersebut, terimakasih tlh menguburkannya maka org tsb sya kasih Rp. 10rb dan mhon di doakan kucing tsb. lalu saya pun beranjak pulang.

    Jadi kiranya bagaimana hukumnya kasus saya itu, mhon pencerahannya bagi org yg membaca ato admin dari web ini, terimakasih sebelumnya…

  13. assalamualaikum

  14. aslmkm, untuk semua saudara2 ku muslimin dan muslimat,
    untuk ms edmund, bisa dipahami, rasa sengsaranya hati sdr saat ini, sehubungan dengan thread diatas, namun sebenarnya dan terpenting adalah kita menyadari segala kesalahan yang telah kita lakukakan, dan menyesalinya, dan bertaubat, untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dan atau kesalahan bentuk lainnya. senantiasa berdoa dan memohon kepada Gusti Allah SWT agar selalu dicegah dari melakukan kesalahan dan niat2 yang salah. perbanyaklah berdzikir, carilah majelis zdikir yang baik dan benar..
    kita manusia ini, sejatinya tiadalah memiliki apapun kemampuan, yang ada pada kita saat ini hanyalah titipanNya, yang tiba saatnya nanti kita akan dipisahkan dari semua itu.
    sedikit masukan untuk ms edmund khususnya, dan semua saudaraku, satu hal terpenting adalah sudahkah kita siapkan jiwa dan raga kita, untuk menghadapi hari perpisahan itu? apakah pernah terpikirkan atau terlintas sedikit saja, tentang bagaimana cara saya menjalani pelepasan ruh saya? tiadalah maksud apapun dari saya, selain hanya mengingatkan bahwa kita semua akan mati, jadikanlah detik demi detik peluang yang diberikanNya untuk melakukan kebajikan dimuka bumi ini.
    janganlah melakukan kerusakan di atasnya, bantulah orang yang tidak mampu, para fakir dan miskin, selalu doakan kedua orangtua, para keluarga yang terdahulu, keluarga kita dan muslimin dan muslimat, serta anak cucu kita sampai keakhir zaman, semoga Gusti Allah swt, ampuni segala dosa kita, lindungi keluarga kita seluruhnya. amin yaa Allah, amin yaa Rahman, amin yaa Rahiim, amin yaa Robbal ‘alamin. . terimakasih, jikalau ada kesalahan saya mohon maaf. wassalam. (d.s)

  15. mohon reblog ye..

  16. Q punya kucing, tp tiap malem tidur d atas atap kamar. Trs ibu q sering trganggu krna kucingny berisik dn mencakar2 atapnya. Trs q iket aja kucingnya. Paginya udah lepas. Tp gara2 q iket , kaki kucingny jd sakit smpe brdarah gitu trs kucingny jd lemes kyak mau mati. Q sungguh nyesel, mngkin q ngiketny trlalu knceng. Dn q udah istighfar mohon ampun kpd Allah. Q takut bgt klo q d masukin k neraka. Apa istighfar q bisa mmbatalkn q u/ masuk neraka?
    Mohon jawabannya

  17. Assalamu’alaikum…

    waaa…apa kabarnya abu… duh, abu siapa yah lupa :D saking lamanya ngga silaturahmi.
    maafkan aku abu, hehe… dikarenakan faktor kesibukan ^_^

    ==
    Abu filah bukan yak? hehe…
    kalo nama aslinya malah inget…

  18. […] Wanita Yang Masuk Neraka Karena Seekor Kucing […]

  19. mudah2an kita sama 2 di jadikan Tuhan hamba yang slalu d cintai-Nya, Aamiiin

  20. selama kita masih punya rasa cinta dan kasih sayang kepada sesama ciptaan Allah SWT, Insya Allah kita akan menjadi hamba yang dicintai Allah SWT. aamiin……

  21. ssubhanauloh cerita nya bagus dan menyejukan hati

  22. ijin copas

  23. gombal

  24. cerita bohong n syirik. dasar…..

  25. ternyata kecantikan akhlak lbh utama,dri pd kecantikan wajah,hewan kucing itu hewan kesayangan RASULULLAH SAW,..ya itulah hadist yg sngt sahih,..buat iktibar pra hamba allah,..

  26. memang penting untuk menjaga hati supaya jangan sampai dikotori oleh keinginan yang tidak baik, komentar balik ya ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

  27. Terima kasih telah berbagi kisah…

  28. Menarik :)

  29. Naudzubillah,,, memang hal2 kecil sering kita sepelakan tapi telak banget perhitungannya,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: