Seekor Ulat dengan Nabi Daud AS

Dalam sebuah kitab Imam Al-Ghazali menceritakan pada suatu ketika tatkala Nabi Daud A.S sedang duduk dalam suraunya sambil membaca kitab az-Zabur, dengan tiba-tiba dia terpandang seekor ulat merah pada debu.

Lalu Nabi Daud AS berkata pada dirinya, “Apa yang dikehendaki Allah dengan ulat ini?” Seketika setelah Nabi Daud selesai berkata begitu, maka Allah pun mengizinkan ulat merah itu berkata-kata.

Lalu ulat merah itu pun mula berkata-kata kepada Nabi Daud A.S. “Wahai Nabi Allah! Allah SWT telah mengilhamkan kepadaku untuk membaca ‘Subhanallahu walhamdulillahi wala ilaha illallahu wallahu akbar’ setiap hari sebanyak 1000 kali dan pada malamnya Allah mengilhamkan kepadaku supaya membaca ‘Allahumma solli ala Muhammadin annabiyyil ummiyyi wa ala alihi wa sohbihi wa sallim’ setiap malam sebanyak 1000 kali.

Setelah ulat merah itu berkata demikian, maka dia pun bertanya kepada Nabi Daud AS “Apakah yang dapat kamu katakan kepadaku agar aku dapat faedah darimu?” Akhirnya Nabi Daud menyadari akan kekhilafannya karena memandang remeh akan ulat tersebut, dan dia sangat takut kepada Allah SWT maka Nabi Daud AS pun bertaubat dan menyerah diri kepada Allah SWT

Begitulah sikap para Nabi A.S. apabila mereka menyadari kekhilafan yang telah dilakukan maka dengan segera mereka akan bertaubat dan menyerah diri kepada Allah SWT Kisah-kisah yang berlaku pada zaman para nabi bukanlah untuk kita ingat sebagai bahan sejarah, tetapi hendaklah kita jadikan sebagai teladan supaya kita tidak memandang rendah kepada apa saja makhluk Allah yang berada di bumi yang sama-sama kita tinggali ini.

13 Responses

  1. blognya bagus
    smua nya bgus

  2. terimakasih atas komentarnya dan juga kunjungannya

  3. blog ini sangat bagus untuk menambah ilmu agama islam, sebagai bekal dunia & Akhirat, semoga Allah swt menggerakkan hati kita semua agar setiap saat lebih mendekatkan diri kita lagi kehadapan Allah swt dengan mengikuti sunnah Nabi saw, memperbanyak bacaan yang bermanfaat, amal ibadah, kasih-sayang sesama ummat & machluk Allah serta berprilaku baik layaknya ummat Muhammad saw. amiiiiin ya rabbal aalamiiin

  4. ALLAHUAKBAR
    ALLAHUAKBAR

  5. subhanallah…

  6. Semestinya Penulis menjelaskan Nama Kitabnya apa trus derajat hadist yang terkandung di dalam Kitab Imam Ghazali tersebut apa sekalian matannya,maaf ya ini kritikan membangun. Kita tidak serta merta menerima suatu keterangan tanpa mengetahui sumbernya yang pasti.bukan kah agama kita yang mulia ini adalah agama wahyu yang di turunkan lewat Al-Qura’n dan hadist yang shahih bukan agama berdasarkan doktirn dan mitos atau katanya. Terimakasih

  7. kok aneh yaa ?? masa’ pada zaman Nabi Daud AS sudah ada perintah baca sholawat Nabi Muhammad “Allahumma solli ala Muhammadin annabiyyil ummiyyi wa ala alihi wa sohbihi wa sallim” padahal pada waktu itu kan Nabi Muhammad SAW belum lahir….bener ga’ ???
    Mohon penjelasannya…Terima Kasih

  8. Setahu saya sih Imam Ghazali itu lemah dalam ilmu hadish deh ……..

  9. indah….
    kalau boleh tahu…buku apa tuh sobat? pengen baca aja..Apa ihya ulumuddin, atau Al munqidz min ad dolal, atau tahafut al falasifah, atau maqosid al falasifah,atau al iqtisod fi al i’tiqod, atau malah di buku ushul fiqhnya tapi saya ngak yakin tuh disana (al mustasfa)..

    terima kasih sob..
    wassalam

  10. Assalammua’laikum wr.wb.
    Mungkin kita juga tidak atau kurang perhatian pada makhluk Allah lainnya seperti tumbuh-tumbuhan dimana mereka selalu bersalawat dengan cara menggoyangkan daun-daunnya dan Allah Swt juga bersalawat saat menciptakan alam semesta ini walaupun zat Muhammad belum Dia ciptakan karena ini pernah ana dengar juga dari ceramah para Ustadz.
    Insya Allah dengan bersalawat kepada Nabi Muhammad saw hidup kita lebih tenang dan tawadhu .
    Amin Yaa Robb
    Jazakummulahu
    Wassalammu’alaikum wr.wb.

    IKHWAN

  11. […] Seekor Ulat dengan Nabi Daud AS […]

  12. Assalamualaikum mohon maaf sebelumnya untuk penulisan pada “‘Allahumma solli ala Muhammadin annabiyyil ummiyyi wa ala alihi wa sohbihi wa sallim” dengan “Allahumma shalli ala Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ala alihi wa sohbihi wa sallim” mana yang benar mohon info dikirim …

  13. […] Seekor Ulat dengan Nabi Daud AS […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: