Hari AIDS Sedunia

Tujuan dari Kampanye Hari AIDS Sedunia 2005 – 2010 adalah untuk memastikan bahwa pemerintah dan kelompok-kelompok yang dapat melakukan perubahan benar-benar menepati janji- janji mereka dalam melakukan penanggulangan epidemi AIDS.

Pada bulan Juni 2001, 189 Kepala Negara dan perwakilan pemerintah memberikan komitmen mereka terhadap Deklarasi Komitmen PBB mengenai HIV/ AIDS – sebuah daftar panjang yang terdiri dari komitmen-komitmen tegas yang mereka janjikan untuk menanggulangi AIDS. Sejak saat itu, komitmen-komitmen tambahan telah dibuat untuk memperkuat respons.

Beberapa janji telah ditepati, janji-janji yang lain belum terpenuhi, dan kecepatan epidemi AIDS melampaui sebagian besar upaya untuk menanggulanginya.

Kampanye Hari AIDS Sedunia berupaya untuk mempersatukan segenap pemimpin masyarakat sipil dalam upaya untuk meningkatkan aksi dan akuntabilitas nasional, regional, dan global dalam merespons HIV dan AIDS.

Kampanye tersebut diharapkan bisa diarahkan secara nasional dan dipimpin oleh masyarakat sipil, dan memiliki dua tema besar: Stop AIDS. Tepati Janji dan Stop AIDS. Buat Janji. Kedua tema tersebut berhubungan dengan tujuan umum Kampanye Hari AIDS Sedunia untuk memberikan energi dan memberikan dukungan bagi “upaya penanggulangan yang berkelanjutan dan efektif terhadap epidemi AIDS”.

Di bawah Tema ke-1, Kampanye Hari AIDS Sedunia akan bertindak untuk memastikan bahwa berbagai negara dan organisasi menepati janji mereka untuk menanggapi AIDS secara efektif. Tema ke-2 berfokus pada upaya untuk mendorong individu-individu untuk melaksanakan aksi pribadi baru untuk mengimbangi kehancuran yang disebabkan oleh HIV dan AIDS.

Tema 1: Stop AIDS. Tepati Janji

Kampanye ini menekankan bahwa terdapat empat elemen utama yang menjadi kunci untuk memastikan bahwa janji-janji ditepati. Dalil yang mendasarinya adalah bahwa dengan memperkuat keempat elemen inti ini akan menjamin pihak pemerintah dan pihak-pihak lainnya akan mampu untuk melaksanakan janji-janji mereka. Oleh karena itu, kegiatan- kegiatan kampanye tematis akan berfokus pada elemen-elemen berikut ini:

  1. Respons HIV dan AIDS nasional yang lebih efektif. Kampanye ini akan memberikan dukungan bagi upaya-upaya yang sudah ada di tingkat nasional dan menyoroti berbagai upaya penanggulangan yang berhasil di berbagai negara, seraya mengaitkannya dengan kampanye-kampanye lebih luas yang dipimpin oleh masyarakat akar rumput. Kampanye-kampanye di tingkat negara akan dikembangkan dengan mempertimbangkan kebutuhan-kebutuhan dan prioritas di negara setempat, dan akan berbagi pengalaman dan sumber-sumber daya, serta akan membawa pengalaman-pengalaman di garis depan sehingga dapat berdampak pada kebijakan-kebijakan dan prakarsa-prakarsa HIV dan AIDS internasional.
  2. Kemitraan HIV dan AIDS yang diperluas. Kampanye Hari AIDS Sedunia akan membantu mempromosikan dan memperkuat kemitraan di semua tingkatan, dengan berfokus pada mitra lokal yang menentukan arah perubahan lokal, serta kemitraan-kemitraan tingkat nasional yang aktif, dengan didukung oleh aliansi global yang luas. Kampanye ini juga akan berfokus pada perluasan kemitraan menjadi berbagai organisasi yang terbukti memiliki pengaruh dan yang masih awam terhadap proses Kampanye Hari AIDS Sedunia, misalnya, dari sektor ketenagakerjaan, dunia usaha dan sektor berbasis kepercayaan. Kampanye Hari AIDS Sedunia akan memanfaatkan berbagai keterampilan perserikatan untuk advokasi, melakukan lobby, dan kampanye; memanfaatkan kekuatan-kekuatan bisnis dalam branding, mobilisasi sumber-sumber daya, dan berkomunikasi dengan khalayak; dan memanfaatkan potensi kelompok-kelompok berbasis kepercayaan untuk mengkampanyekan perubahan.
  3. Proses-proses masyarakat sipil yang diperkuat. Kampanye Hari AIDS Sedunia percaya bahwa masyarakat sipil memiliki peran dan tanggung jawab yang unik dalam upaya penanggulangan AIDS. Kelompok-kelompok masyarakat sipil mendukung dan memberikan kekuatan bagi respons nasional dengan mempertahankan kemauan politik dan publik, memberikan kritik konstruktif, serta memastikan para pembuat kebijakan bertanggung jawab. Kelompok-kelompok masyarakat sipil mendukung kerja kemitraan, dan Kampanye akan secara khusus menekankan hal ini dengan melibatkan kelompok-kelompok perempuan dan pemuda, serta kelompok-kelompok rentan dan terpinggir di dalam masyarakat seperti pekerja seks, pengguna napza suntik (IDU), dan laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki.
  4. Sumber pembiayaan yang memadai untuk upaya penanggulangan. Sebagai prioritas, Kampanye Hari AIDS Sedunia akan menggalang dukungan bagi pemerintah dan badan-badan donor untuk meningkatkan dana bagi penanggulangan AIDS. Dalam pelaksanaannya, Kampanye akan memberikan dukungan bagi upaya-upaya untuk menggalang lebih dari US$15 miliar per tahun yang menurut para ahli merupakan jumlah yang dibutuhkan per tahunnya untuk melaksanakan upaya penanggulangan AIDS yang efektif. Kampanye secara khusus akan memberikan dukungan bagi berbagai kegiatan Global Fund to Fight AIDS, Tuberculosis and Malaria, dan akan mendukung upaya-upaya untuk mendapatkan dana tambahan bagi kegiatan-kegiatannya.

Tema 2: Hentikan AIDS. Buat Janji

Sejak awal epidemi AIDS, banyak individu yang telah memainkan peran luar biasa dalam membantu dan merawat orang-orang yang hidup dengan HIV dan AIDS (ODHA). Pada awalnya, disaat berbagai pemerintahan dan organisasi ragu-ragu, individu-individu inilah yang bertindak.

Kampanye Hari AIDS Sedunia ingin menarik manfaat dari segala kekuatan dan kontribusi para individual ini dan mengajak lebih banyak dari mereka untuk membuat janji-janji baru untuk merespons HIV dan AIDS dalam tingkat keluarga dan masyarakat.

Kampanye tersebut menekankan bahwa individu pun dapat membuat perubahan lewat janji pribadi, menyatakan komitmen, dan dengan melakukan aksi untuk menekan balik epidemi tersebut. Bila semua itu digabungkan, komitmen-komitmen pribadi ini dapat mendorong pemerintah untuk menyadari bahwa semua orang peduli tentang AIDS, ingin menjadi bagian dari upaya penanggulangan efektif AIDS, dan mau membuat komitmen-komitmen pribadi.

One Response

  1. Hey your website is nice
    I have a new band and we just had a live gig u can see here:
    http://tinyurl.com/75993v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: