Nabi dan Rasul

Nabi dalam agama Islam merupakan orang yang diberi wahyu (ajaran Islam yang mengandung peraturan tertentu) oleh Allah sebagai panduan hidup.

Perbedaan antara Nabi dan Rasul adalah :

Rasul adalah nabi yang diperintahkan Allah untuk menyampaikan wahyu kepada kaumnya pada zamannya. Percaya kepada para nabi dan para rasul merupakan Rukun Iman yang keempat dalam Islam.

Kata “nabi” berasal dari kata naba yang berarti “dari tempat yang tinggi”; karena itu orang ‘yang di tempat tinggi’ semestinya punya penglihatan ke tempat yang jauh (kias untuk masa depan) yang disebut nubuwwah. Para Nabi boleh menyampaikan wahyu yang diterimanya tetapi tidak punya kewajiban atas umat tertentu atau wilayah tertentu. Sementara, kata “rasul” berasal dari kata risala yang berarti penyampaian. Karena itu, para rasul, setelah lebih dulu diangkat sebagai nabi, bertugas menyampaikan wahyu dengan kewajiban atas suatu umat atau wilayah tertentu. Dari semua rasul, Nabi Muhammad sebagai ‘Nabi Penutup’ yang mendapat gelar resmi di dalam Al-Qur’an Rasulullah adalah satu-satunya yang kewajibannya meliputi umat dan wilayah seluruh alam semesta ‘Rahmatan lil Alamin’.

Al-Qur’an menyebut beberapa orang sebagai nabi. Nabi pertama adalah Adam. Nabi sekaligus rasul terakhir ialah Nabi Muhammad yang ditugaskan untuk menyampaikan Islam dan peraturan yang khusus kepada manusia di zamannya sehingga hari kiamat

Tidak diketahui berapakah jumlah nabi yang sebenarnya tetapi diperkirakan mereka berjumlah lebih kurang 124.000 orang sedangkan para rasul diperkirakan berjumlah 300 orang. Walau bagaimanapun jumlah ini tidak dapat dipastikan.

Selain ke-25 nabi sekaligus rasul, ada juga nabi lainnya seperti dalam kisah Nabi Khidir bersama Nabi Musa yang tertulis dalam Surah Al-Kahfi ayat 66-82.

Juga nabi-nabi yang tertulis di Hadits dan kitab-kitab, seperti Nabi Yusya’ bin Nun (Yoshua), Nabi Dhu al Qarnain (Iskandar Zulkarnain), dan Nabi Iys.

Sedangkan orang suci yang masih menjadi perdebatan sebagai seorang Nabi atau hanya wali/waliyah adalah Maryam (Ibunda Isa a.s.), dan Luqman (dalam Q.S. Luqman).

Adapun Nabi dan rasul yang wajib kita percayai adalah sebagai berikut :

1. Nabi Adam AS
2. Nabi Idris AS
3. Nabi Nuh AS
4. Nabi Hud AS
5. Nabi Saleh AS
6. Nabi Ibrahim AS
7. Nabi Ismail AS
8. Nabi Luth AS
9. Nabi Ishaq AS
10.Nabi Yakub AS
11.Nabi Yusuf AS
12.Nabi Syu’aib AS
13.Nabi Ayub AS
14.Nabi Zulkifli AS
15.Nabi Musa AS
16.Nabi Harun AS
17.Nabi Daud AS
18.Nabi Sulaiman AS
19.Nabi Ilyas AS
20.Nabi Ilyasa AS
21.Nabi Yunus AS
22.Nabi Zakaria AS
23.Nabi Yahya AS
24.Nabi Isa AS
25.Nabi Muhamad SAW

Diantara 25 nabi dan rasul tersebut ada 4 diantaranya adalah penerima Kitab Suci:

1. Nabi Daud AS (Zabur),
2. Nabi Musa AS (Taurat),
3. Nabi Isa AS (Injil),
4. Nabi Muhammad SAW (Al Quran).

%d bloggers like this: